Wisata

Air Terjun di Pinggir Jalan Curug Ceret Naringgul Terindah di Jawa Barat

Wisata – Satu lagi Pesona Indonesia yang sangat memesona, berada di pinggir jalan membuatnya terlihat sangat eksotis. Inilah Curug Ceret Naringgul, curug di pinggir jalan yang siap menghapus penat penikmatnya. Sepertinya Curug Ceret Naringgul akan menggeser beberapa curug terindah lainnya di Jawa Barat sebagai salah satu curug terindah karena curug ini sangat eksotis berada di pinggir jalan, berbeda dari curug kebanyakan. Terlebih di musim penghujan atau setelah musim hujan menjelang kemarau Sobat akan menjumpai banyak air terjun ketika melintas di sekitar kawasan Naringgul. Curug Ceret Naringgul akan sangat deras ketika musim penghujan namun debit airnya akan sedang ketika musim kemarau. Mengenai kebersihannya, tergolong sangat bersih dan jernih bahkan beberapa wisatawan yang melintas ketika haus kerap minum air Curug Ceret Naringgul. Jika Sobat ingin berwisata curug di sekitar Naringgul, bulan ini adalah waktu yang tepat karena belum beralih ke musim kemarau. Untuk itu berikut kami ulas informasi mengenai Curug Ceret Naringgul yang sangat eksotis ini, semoga bermanfaat bagi Sobat yang ingin berkunjung dalam waktu dekat.

PENDAHULUAN

Skor Air Terjun Curug Ceret Naringgul

Dari 100% poin, setelah kami perhitungkan “Air Terjun Curug Ceret Naringgul” mendapatkan skor: 96.9% (A) dan kami rekomendasikan.

Keterangan: Hasil skor kami analisis berdasarkan keindahan tempat wisata, hasil survey pemandu wisata di lapangan dan faktor-faktor lainnya.
Skor % Nilai Ket.
96-100 A+ Sangat baik
91-95 A Hampir sangat baik
86-90 B+ Lebih baik
80-84 B Hampir baik
79-76 C+ Lebih dari cukup
70-75 C Cukup
69-60 D Kurang
59-0 E Jelek
Keterangan: Penilaian dapat saja berubah jika tempat wisata terkait mengalami upgrade dalam berbagai faktor.

Destinasi lainnya: Uniknya Wisata Pagubugan Melung yang Memiliki Kolam Renang di Tengah Sawah

PEMBAHASAN

Daya Tarik Air Terjun Curug Ceret Naringgul

  • Air Terjun Curug Ceret Naringgul berada di pinggir jalan beraspal yang bagus sehingga mudah di akses dan sangat eksotis, beda dari air terjun kebanyakan di Jawa Barat.
  • Kawasan Air Terjun Curug Ceret Naringgul masih sangat asri dan sejuk. Kawasannya sangat cocok di jadikan tempat melepas penat / refresing.
  • Sobat akan menjumpai banyak air terjun ketika melintasi kawasan Air Terjun Curug Ceret Naringgul terlebih sebelum musim kemarau.
  • Air Terjun Curug Ceret Naringgul cukup jernih dan tidak keruh.

Destinasi lainnya: Sebening Kaca Kolam Alami Sendang Guelis Khuripan Diburu Wisatawan

Lokasi Lengkap Air Terjun Curug Ceret Naringgul

Air Terjun Curug Ceret Naringgul berlokasi di Jl. Ciwidey – Cidaun, Naringgul, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43274, Indonesia.

Berikut gambaran peta lokasinya.

Peta Lokasi Air Terjun Curug Ceret Naringgul

Rute Menuju Air Terjun Curug Ceret Naringgul

Berikut rute berdasarkan pemetaan Google Maps dari Cianjur menuju Air Terjun Curug Ceret Naringgul.

Untuk lebih jelasnya Sobat dapat melihat Jalur Arahan dari Cianjur menuju Air Terjun Curug Ceret Naringgul.

Jalur Arahan Jarak
Dari Cianjur Start
Ke arah selatan 9.5km
Belok kiri ke Jl. Raya Sindangbarang 2.3km
Belok kiri ke Jl. Raya Poreang 3.3km
Belok kiri 6.9km
Belok kiri ke Jl. Raya Sindangbarang 350m
Teruskan ke Jl. Raya Cidaun 15.8km
Belok kiri ke Jl. Cidaun 7.3km
Jl. Cidaun belok kanan dan menjadi Jl. Ciwidey – Cidaun 12.3km
Teruskan ke Jl. Raya Ciwidey-Cidaun 65m
Teruskan ke Cibadak/Jl. Ciwidey – Cidaun
(Lanjutkan untuk mengikuti Jl. Ciwidey – Cidaun)
3.1km
Teruskan ke Jl. Raya Naringgul
(Tujuan ada di sebelah kanan)
2.5km
Air Terjun Curug Ceret Naringgul, Jl. Ciwidey – Cidaun, Naringgul, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 43274. Finish
Perhatian: Rute ini hanya untuk perencanaan saja. Sobat mungkin akan mendapati bahwa proyek pembangunan, lalu lintas, cuaca, atau peristiwa lain dapat menyebabkan kondisi jalan berbeda dari hasil peta. Silahkan sesuaikan berdasarkan keadaan yang ada di lapangan.

Berikut informasi dan arahan secara ekplisit.

  • Air Terjun Curug Ceret Naringgul lokasinya persis di pinggir jalan jika Sobat jalan dari Ciwidey ke arah Jayanti atau Cidaun.
  • Jalan menuju lokasi menanjak dan menurun akan tetapi jalannya bagus dan beraspal.
  • Sobat akan melewati kawasan hutan bertebing dan persawahan warga sekitar.

Estimasi Perjalanan Menuju Air Terjun Curug Ceret Naringgul

Berikut ini merupakan estimasi waktu perjalanan yang dibutuhkan menuju wisata terkait, Sobat dapat memilih jalur berdasarkan estimasi terbaik.

  • Dari Cianjur: 2 jam 32 menit (63,5 km) lewat Jl. Raya Cidaun.
  • Dari Cianjur: 4 jam 10 menit (77,6 km) lewat Suka Bakti.
  • Dari Cianjur: 3 jam 42 menit (82,2 km) lewat Jl. Raya Cidaun dan Jl. Ciwidey – Cidaun.
  • Dari Bandung: 2 jam 39 menit (79,8 km) lewat Jl. Tol Soreang – Pasir Koja/Jl. Tol Soroja.

Jam Buka Air Terjun Curug Ceret Naringgul

Berikut merupakan jam buka atau jam operasi terbaru untuk wisata terkait berdasarkan jadwal harian.

Hari Jam Buka
Senin 24 jam
Selasa 24 jam
Rabu 24 jam
Kamis 24 jam
Jumat 24 jam
Sabtu 24 jam
Minggu 24 jam
Telepon:

Tiket Masuk Terbaru Air Terjun Curug Ceret Naringgul

Berikut merupakan informasi Harga Tiket Masuk (HTM) terbaru dan mencakup semua tarif yang ada di kawasan wisata. Di mana informasi ini kami dapatkan dari wisatawan yang pernah berkunjung dan pemandu wisata terkait.

No. Tarif Rp. Ket.
1 Tiket masuk kawasan 0 Gratis
2 Parkir motor 2.000 /unit
3 Parkir mobil 5.000 /unit
Keterangan: Tarif di atas merupakan yang terbaru. Tarif dapat saja berubah sebagaimana ketentuan pihak pengelola, terlebih Air Terjun Curug Ceret Naringgul belum di kelola secara maskimal. Parkir saja di kelola jika sedang ramai pengunjung oleh warga setempat. Jika sedang sepi biasanya biaya prakir GRATIS.

Fasilitas di Air Terjun Curug Ceret Naringgul

Berikut fasilitas terbaru yang ada di kawasan wisata ini. Di mana informasi ini kami dapatkan dari tempat wisata terkait, wisatawan yang pernah berkunjung dan pemandu wisata lokal.

No. Fasilitas Ket.
1 Warung
4 Spot berfoto
5 Area parkir
7 Gazebo
Keterangan: Di atas merupakan fasilitas terbaru secara umum. Fasilitas dapat saja berubah sebagaimana ketentuan pihak pengelola.

Penginapan di Sekitar Air Terjun Curug Ceret Naringgul

Tidak ada penginapan di sekitar Air Terjun Curug Ceret Naringgul. Namun, jika Sobat ingin mencari penginapan yang lumayan dekat untuk mengeksplor tempat wisata lainnya di sekitar kawasan dan wisata sekitar Bandung maka penginapan yang dapat kami rekomendasikan adalah RedDoorz near Happy Farm 3. Penginapan ini berlokasi di Jl. Babakanpari No.820, Alamendah, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973•(021) 80629666. Untuk tarifnya mulai dari, Rp114.079 / malam.

RedDoorz near Happy Farm 3
| Via (Agoda.com)

Akan tetapi jika Sobat ingin mencari penginapan sesuai budget, fasilitas dan akomodasi lainnya berikut daftar penginapan yang cukup efektif. Sobat dapat mencari via Google Maps karena sudah terintegrasi keberadaannya.

Daftar Penginapan di Sekitar
Air Terjun Curug Ceret Naringgul

Tips Berkunjung ke Air Terjun Curug Ceret Naringgul

  • Bawa kendaraan yang fit meskipun jalan bagus dan beraspal karena banyak tikungan, tanjakan dan turunan menuju lokasi.
  • Sebaiknya datang beramai-ramai atau berkelompok, jangan datang sendiri ya kecuali jika Sobat sudah mengenal betul kondisi alam sekitar.
  • Bawa makanan dari rumah, karena warung yang tersedia kadang jualan kadang tidak.
  • Jangan lupa datang pagi karena ketika sore kawasan Air Terjun Curug Ceret Naringgul biasanya akan berkabut dan cukup sepi.
  • Biasakan setiap pergi berwisata untuk tidak membawa atau menggunakan perhiasan dalam bentuk apapun demi kenyamanan dan keamanan.
  • Jangan lupa bawa kamera, bawa drone bagi yang punya, siapkan juga power bank dan peralatan rekam lainnya, karena sayang kalau tidak di abadikan tempat seindah ini.
  • Jagalah kebersihan setiap berkunjung ke tempat wisata, karena menjaga kebersihan adalah ciri manusia cerdas, bermoral serta bertanggung jawab.
  • Izin sama orang tua atau keluarga sebelum berangkat menuju ke tempat wisata agar perjalanan menyenangkan, selain itu jangan lupa berdoa sebelum berangkat dan enjoy the moment.

PENUTUP

Dengan mengetahui tempat wisata di Indonesia maka kita sudah belajar memahami identitas bangsa kita sendiri. Indonesia adalah bangsa yang besar serta kaya akan potensi wisatanya, mulai dari wisata sejarah, alam, kuliner, religi, tradisi, budaya, bahari, pendidikan dan masih banyak lagi. Oleh karena itu sudah seyogyanya kita sebagai masyarakat Indonesia mengetahui wisata serta potensinya, baik di daerah sekitar maupun daerah lainnya di Indonesia. Selain dapat mempermudah wisatawan, informasi wisata juga dapat bermanfaat sebagai penambah wawasan guna melatih ketelitian, pengetahuan dan kecerdasan.

Berikut Etika Berwisata yang perlu kita semua tanamkan sejak dini agar terbiasa.

  • Jagalah kebersihan setiap berkunjung ke tempat wisata, karena menjaga kebersihan adalah ciri manusia cerdas, bermoral serta bertanggung jawab.
  • Jangan melakukan VandalismePerbuatan merusak dan menghancurkan hasil karya seni, keindahan alam“.
  • Jangan berbuat asusila di tempat wisata.

DAFTAR PUSTAKA

  1. Data Observasi langsung ke destinasi wisata terkait.
  2. Beberapa foto/ video dari kontributor: Agoda.com, Komunitas Aleut, Ricky, Dul Zsn, Lingling Nisawati, Herdi Septian, Baymauls.
  3. Informasi dari petugas wisata terkait, Pemandu wisata dan wisatawan yang pernah berkunjung ke tempat wisata terkait: Bayu Fajar Subekti, Akhmad Hidayat, Dic Emotion, Denny Subagja.
Scroll Up
error: