Wisata

Alasan Kenapa Suku Korowai Membangun Rumah Pohon yang Tingginya Mencapai 15 Sampai 50 Meter

Papua – Mendengar alunan nyanyian Suku Korowai di slide kedua seakan membawa kita flashback ke zaman primitif, ditambah suasana tempat tinggalnya yang jauh dari kata modern. Namun inilah Papua tanah surga dengan ragam tradisi dan budaya yang melegenda hingga saat ini.

Sobat, salah satu keunikan dari Suku Korowai yaitu hidup dan tinggal di atas pohon yang tinggi. Rumah yang mereka buat biasanya terletak dibagian dahan dengan ketinggian mencapai 15-50 meter. Suku Korowai membangun rumah di atas pohon bertujuan agar terhindar dari binatang buas dan juga gangguan dari roh jahat, suku ini takut terhadap serangan “Laleo” atau iblis yang kejam.

Konon katanya Laleo merupakan makhluk yang berjalan layaknya seperti mayat hidup dan berkeliaran pada malam hari. Sebutan Laleo ditujukan untuk semua orang asing yang tidak termasuk penduduk mereka, bahkan orang-orang Papua lainnya pun bisa disebut dengan julukan Laleo. Mereka percaya bahwa, semakin tinggi rumah yang mereka buat maka akan semakin terhindar dari gangguan roh-roh jahat.

Terlepas dari segala alasan tersebut, Suku Korowai begitu menghargai nenek moyangnya. Oleh karena itu, mereka juga menganggap bahwa rumah tinggi tersebut merupakan warisan dari leluhur yang harus tetap dilaksanakan, sehingga mereka akan tetap merasa nyaman dan aman meskipun harus bersusah payah memanjat pohon yang tinggi.

Informasi dan Narasumber

  1. Beberapa foto/ video dari kontributor: Marc Weiglein.
  2. Pemandu wisata dan wisatawan yang pernah berkunjung ke kawasan wisata terkait: Marc Weiglein.
Scroll Up
error: