Wisata

Inilah Kali Biru Warsambin Harta Karun Tersembunyi di Tanah Surga

Wisata – Tidak diragukan lagi, ini adalah pesona alam yang paling mengejutkan yang ada di wilayah Kepulauan Raja Ampat di Indonesia. Sungai Biru yang dikenal sebagai Kali Biru masih memiliki daya tarik tersendiri. Bukan tanpa sebab sungai ini dinamakan Kali Biru, pasalnya sungai ini memiliki air yang jernih menawan dengan warna biru hingga ke dasar sungai, memancar seperti kristal. Air sungai ini tidak keruh meskipun sedang hujan. Kita sebagai masyarakat Indonesia juga harus bangga dengan potensi wisata di Nusantara yang begitu melimpah. Menjaganya adalah kewajiban bagi kita semua, karena alam akan menjaga kita selama kita menjaga alam. Berikut kami ulas informasi mengenai Kali Biru.

PENDAHULUAN

Skor Kali Biru Warsambin

Dari 100% poin, setelah kami perhitungkan “Kali Biru Warsambin” mendapatkan skor: 97.0% (A+) dan kami rekomendasikan.

Keterangan: Hasil skor kami analisis berdasarkan keindahan tempat wisata, hasil survey pemandu wisata di lapangan dan faktor-faktor lainnya.
Skor % Nilai Ket.
96-100 A+ Sangat baik
91-95 A Hampir sangat baik
86-90 B+ Lebih baik
80-84 B Hampir baik
79-76 C+ Lebih dari cukup
70-75 C Cukup
69-60 D Kurang
59-0 E Jelek
Keterangan: Penilaian dapat saja berubah jika tempat wisata terkait mengalami upgrade dalam berbagai faktor.

Larangan di Kali Biru Warsambin

Bagi Sobat yang ingin berendam di Kalibiru harus mentaati aturan yang berlaku agar tidak merusak lingkungan. Dilarang menggunakan sunblock, body lotion, shampoo, sabun mandi dan sejenisnya, di larang juga kencing di mata air Kali Biru. Beberapa aturan lainnya biasanya akan di jelaskan pihak pengelola maupun pemandu lokal.

Papan Himbauan Kali Biru
| Kontributor: Randy

Destinasi lainnya: Alasan Suku Korowai Membangun Rumah Pohon yang Tingginya Mencapai 50 Meter

PEMBAHASAN

Daya Tarik Kali Biru Warsambin

  • Warna air Kali Biru sangat jernih dan berwarna biru seperti batu kristal.
  • Mata air Kali Biru dapat di minum langsung tanpa di saring saking jernih dan alaminya.
  • Kawasan Kali Biru di kelilingi hutan lebat, sauara burung akan terdengar bersahutan di sekitar Kali Biru.
  • Mengunjungi Kali Biru Sobat akan di ajak menyusuri sungai dan trekking menjelajahi hutan lebat.
  • Di Desa Warsambin Sobat dapat melihat Teluk Mayalibit yang sangat indah.
  • Di Desa Warsambin Sobat akan menjumpai anak-anak desa yang masih polos, bertegur sapa adalah hal yang membahagiakan, terlebih mereka sangat suka berfoto. Kapan lagi mengabadikan moment bersama warga desa yang ramah.

Lokasi Lengkap Kali Biru Warsambin

Kali Biru Warsambin berlokasi di Warsambin, Raja Ampat, Papua, Indonesia.

Rute Menuju Kali Biru Warsambin

Berikut informasi dan arahan secara ekplisit.

  • Dari Sorong Sobat harus menyebrang dulu pakai kapal cepat menuju Waisai lalu mencari kendaraan di Pelabuhan Waisai menuju Kampung Warsambin.
  • Kemudian naik Bus Damri dari Pelabuhan Waisai menuju Warsambin.
  • Sobat akan menyewa kapal menyusuri Teluk Mayalibit dengan durasi perjalanan 10 menit hingga 15 menit.
  • Selanjutnya Sobat akan trekking menuju Kali Biru selama 15 sampai 30 menit melewati medan sungai dan muara hingga sampai di Kali Biru Warsambin.

Estimasi Perjalanan Menuju Kali Biru Warsambin

  • Durasi perjalanan dari Waisai menuju Kampung Warsambin sekitar 45 menit.
  • Menyusuri Teluk Mayalibit 15 menit.
  • Trekking jalan setapak menuju Kali Biru 15 menit

Jadi, total waktu normal yang di butuhkan adalah: 1 Jam 15 menit.

Jam Buka Kali Biru Warsambin

Berikut merupakan jam buka atau jam operasi terbaru untuk wisata terkait berdasarkan jadwal harian.

Hari Jam Buka
Senin 06.00 – 16.00
Selasa 06.00 – 16.00
Rabu 06.00 – 16.00
Kamis 06.00 – 16.00
Jumat 06.00 – 16.00
Sabtu 06.00 – 16.00
Minggu 06.00 – 16.00
Telepon:

Tiket Masuk Terbaru Kali Biru Warsambin

Berikut merupakan informasi HTM (Harga Tiket Masuk) terbaru dan mencakup semua tarif yang ada di kawasan wisata. Di mana informasi ini kami dapatkan dari wisatawan yang pernah berkunjung dan pemandu wisata terkait.

No. Tarif Rp. Ket.
1 Tiket masuk kawasan 50.000 – 100.000 / org
2 Sewa Bus 50.000 / org
3 Sewa kapal 250.000 – 500.000 / 8-10 org
Keterangan: Tarif di atas merupakan yang terbaru. Tarif dapat saja berubah sebagaimana ketentuan pihak pengelola.

Fasilitas di Kali Biru Warsambin

Berikut fasilitas terbaru yang ada di kawasan wisata ini. Di mana informasi ini kami dapatkan dari tempat wisata terkait, wisatawan yang pernah berkunjung dan pemandu wisata lokal.

No. Fasilitas Ket.
1 Gazebo
2 Kamar mandi
3 Kolam alami
4 Kamar kecil
5 Sewa perahu
Keterangan: Di atas merupakan fasilitas terbaru secara umum. Fasilitas dapat saja berubah sebagaimana ketentuan pihak pengelola.

Penginapan di Sekitar Kali Biru Warsambin

Jika Sobat ingin eksplor wisata lainnya di sekitar kawasan wisata maka penginapan yang dapat kami rekomendasikan adalah Mayalibit Bay Cottag yang berlokasi di Mumes, Tlk. Mayalibit, Kabupaten Raja Ampat, Papua Bar. 98482•0813-1771-5606. Untuk tarifnya mulai dari, Rp500.000 / malam.

Mayalibit Bay Cottage
| Via: (Booking.com)

Akan tetapi jika Sobat ingin mencari penginapan sesuai budget, fasilitas dan akomodasi lainnya berikut daftar penginapan yang cukup efektif. Sobat dapat mencari via Google Maps karena sudah terintegrasi keberadaannya.

Daftar Penginapan di Sekitar
Kali Biru Warsambin

Tips Berkunjung ke Kali Biru Warsambin

  • Kami menyarankan Sobat menggunakan jasa pemandu lokal jika belum mengetahui lokasi wisata ini terlebih bagi Sobat yang datang dari Jakarta.
  • Berkunjunglah bersama keluarga atau berkelompok minimal 5 orang.
  • Bawa uang saku secukupnya karena menuju lokasi Sobat memerlukan biaya dan tentunya buat jaga-jaga kebutuhan tak terduga.
  • Biasakan setiap pergi berwisata untuk tidak membawa atau menggunakan perhiasan dalam bentuk apapun demi kenyamanan dan keamanan.
  • Jangan lupa bawa kamera, bawa drone bagi yang punya, siapkan juga power bank dan peralatan rekam lainnya, karena sayang kalau tidak di abadikan tempat seindah ini.
  • Jagalah kebersihan setiap berkunjung ke tempat wisata, karena menjaga kebersihan adalah ciri manusia cerdas, bermoral serta bertanggung jawab.
  • Izin sama orang tua atau keluarga sebelum berangkat menuju ke tempat wisata agar perjalanan menyenangkan, selain itu jangan lupa berdoa sebelum berangkat dan enjoy the moment.

PENUTUP

Dengan mengetahui tempat wisata di Indonesia maka kita sudah belajar memahami identitas bangsa kita sendiri. Indonesia adalah bangsa yang besar serta kaya akan potensi wisatanya, mulai dari wisata sejarah, alam, kuliner, religi, tradisi, budaya, bahari, pendidikan dan masih banyak lagi. Oleh karena itu sudah seyogyanya kita sebagai masyarakat Indonesia mengetahui wisata serta potensinya, baik di daerah sekitar maupun daerah lainnya di Indonesia. Selain dapat mempermudah wisatawan, informasi wisata juga dapat bermanfaat sebagai penambah wawasan guna melatih ketelitian, pengetahuan dan kecerdasan.

DAFTAR PUSTAKA

  1. Data Observasi langsung ke destinasi wisata terkait.
  2. Beberapa foto/ video dari kontributor: Johanes Randy Prakoso, Intan Angsa Switri, Andiwrg, Lugaresquevocedeveconhecer, Camto.
  3. Informasi dari petugas wisata terkait, Pemandu wisata dan wisatawan yang pernah berkunjung ke tempat wisata terkait: Wawa Yasaruna, Yana Budiman.
Scroll Up
error: