Wisata

Ketika Air Terjun Cantik Berlabuh di Pantai Banyu Tibo Pacitan

Wisata – “Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui“, kira-kira itu yang cocok untuk tempat wisata ini. Meskipun sudah cukup populer di kalangan wisatawan namun keindahan pantai yang satu ini masih memikat setiap orang yang melihatnya. Pasalnya tidak banyak pantai-pantai di Indonesia yang memiliki destinasi dua sekaligus, yaitu pantai dan air terjun. Jadi, di satu tempat Sobat dapat menikmati dua destinasi sekaligus yaitu pantai dan air terjun. Pantai Banyu Tibo memiliki pasir putih bersih dengan air laut berwarna biru terlebih di musim kemarau. Di bibir pantai mengalir air terjun yang oleh warga sekitar menyebutnya dengan nama Air Terjun Banyu Tibo. Ciri khas air terjun ini adalah debitnya yang sedang dan cukup jernih terlebih di musim kemarau. Wisatawan biasanya akan berendam di bawah aliran air terjun untuk merasakan shower alami Air Terjun Banyu Tibo. Berikut kami ulas informasinya secara lengkap, semoga bermanfaat bagi Sobat yang berencana mengunjungi Pantai Banyu Tibo dalam waktu dekat.

PENDAHULUAN

Skor Pantai Banyu Tibo Pacitan

Dari 100% poin, setelah kami perhitungkan “Pantai Banyu Tibo Pacitan” mendapatkan skor: 96.1% (A+) dan kami rekomendasikan.

Keterangan: Hasil skor kami analisis berdasarkan keindahan tempat wisata, hasil survey pemandu wisata di lapangan dan faktor-faktor lainnya.
Skor % Nilai Ket.
96-100 A+ Sangat baik
91-95 A Hampir sangat baik
86-90 B+ Lebih baik
80-84 B Hampir baik
79-76 C+ Lebih dari cukup
70-75 C Cukup
69-60 D Kurang
59-0 E Jelek
Keterangan: Penilaian dapat saja berubah jika tempat wisata terkait mengalami upgrade dalam berbagai faktor.

Destinasi lainnya: Indahnya Sungai Maron, Amazon Mini Versi Jawa Timur yang Bermuara di Pantai Ngiroboyo

PEMBAHASAN

Daya Tarik Pantai Banyu Tibo Pacitan

  • Pantai Banyu Tibo menjadi salah satu pantai terindah di Jawa Timur karena memiliki dua destinsai sekaligus dalam satu lokasi yaitu Pantai Banyu Tibo dan Air Terjun Banyu Tibo.
  • Pantai Banyu Tibo masih alami dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan, namun Infrastruktur jalan menuju lokasi sudah cukup memadai.
  • Bagi Sobat yang hobby memancing Pantai Banyu Tibo dapat di jadikan spot memancing. Di bagian tepi karang biasanya banyak wisatawan maupun warga sekitar yang memancing ikan.
  • Ketika gelombang laut tidak pasang Sobat dapat menikmati Pantai Banyu Tibo secara leluasa di lengkapi dengan air terjun yang mengalir langsung ke bibir pantai.
  • Sobat dapat melihat sunset cantik di sore hari dengan pesona alam yang mengagumkan.
  • Pantai Banyu Tibo terkenal dengan penduduknya yang ramah, sehingga pengunjung semakin nyaman berwisata.

Destinasi lainnya: Pantai Karang Bolong Ketika Air Terjun dan Pantai Bermuara Menjadi Satu

Lokasi Lengkap Pantai Banyu Tibo Pacitan

Pantai Banyu Tibo Pacitan berlokasi di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Indonesia.

Berikut gambaran peta lokasinya.

Lokasi Lengkap Pantai Banyu Tibo

Rute Menuju Pantai Banyu Tibo Pacitan

Berikut rute berdasarkan pemetaan Google Maps dari Pacitan menuju Pantai Banyu Tibo.

Untuk lebih jelasnya Sobat dapat melihat Jalur Arahan dari Pacitan menuju Pantai Banyu Tibo.

Jalur Arahan Jarak
Dari Pacitan Start
Ke arah selatan 120m
Belok kanan 1.800km
Belok kiri ke Jl. Patrem 650m
Teruskan ke Jl. Mlati/Jl. Sedayu Arjosari
(Lanjutkan untuk mengikuti Jl. Mlati)
2.4km
Belok sedikit ke kanan menuju Jl. Puk 450m
Belok kiri – lurus – kanan 3.44km
Teruskan ke Jl. Apaya V 2.1km
Teruskan ke Jl. Punung-Gondosari 9.0km
Belok kanan ke Jl. Pacitan Donorojo 800m
Belok kiri ke Jl. Kalak-Punung 550m
Belok kanan ke Jl. Punung-Goa Gong 6.4km
Jl. Punung-Goa Gong belok kanan dan menjadi Jl. Punung – Kalak 6.9km
Belok kiri ke Jl. Kalak-Donorojo 130m
Jl. Kalak-Donorojo belok sedikit ke kanan dan menjadi Jl. Nampu Kalak 3.0km
Belok kiri ke Jl. Pantai Banyutibo
(Tujuan ada di sebelah kiri)
1.3km
Pantai Banyu Tibo Pacitan, Widoro, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554. Finish
Perhatian: Rute ini hanya untuk perencanaan saja. Sobat mungkin akan mendapati bahwa proyek pembangunan, lalu lintas, cuaca, atau peristiwa lain dapat menyebabkan kondisi jalan berbeda dari hasil peta. Silahkan sesuaikan berdasarkan keadaan yang ada di lapangan.

Brikut informasi dan arahan secara ekplisit.

  • Dari Jalan Nasional 3 Sobat lanjut menuju jalan Pacitan ke Donorejo.
  • Lanjut menuju Kecamatan Punung.
  • Sobat akan menemukan Perempatan Kalak, arah menuju Gua Gong.
  • Dari Perempatan Kalak belok kiri ke arah Pantai Klayar, informasinya tersedia di rambu-rambu lalu lintas di samping jalan.
  • Ikuti rambu-rambu lalu lintas hingga sampai lokasi. Pantai Banyu Tibo sejalur dengan Pantai Klayar dan banyak informasi setip jalan.

Estimasi Perjalanan Menuju Pantai Banyu Tibo Pacitan

Berikut ini merupakan estimasi waktu perjalanan yang dibutuhkan menuju wisata terkait, Sobat dapat memilih jalur berdasarkan estimasi terbaik.

  • Dari Pacitan: 1 jam 16 menit (38,7 km) lewat Jl. Punung-Gondosari.
  • Dari Pacitan: 1 jam 21 menit (45,9 km) lewat Jl. Nasional III.
  • Dari Pacitan: 1 jam 36 menit (47,2 km) lewat Jl. Nasional III dan Jl. Punung-Gondosari.

Jam Buka Pantai Banyu Tibo Pacitan

Berikut merupakan jam buka atau jam operasi terbaru untuk wisata terkait berdasarkan jadwal harian.

Hari Jam Buka
Senin 24 jam
Selasa 24 jam
Rabu 24 jam
Kamis 24 jam
Jumat 24 jam
Sabtu 24 jam
Minggu 24 jam
Telepon:

Tiket Masuk Terbaru Pantai Banyu Tibo Pacitan

Berikut merupakan informasi HTM (Harga Tiket Masuk) terbaru dan mencakup semua tarif yang ada di kawasan wisata. Di mana informasi ini kami dapatkan dari wisatawan yang pernah berkunjung dan pemandu wisata terkait.

No. Tarif Rp. Ket.
1 Tiket masuk kawasan 5.000 /org
2 Parkir motor 2.000 /unit
3 Parkir mobil 5.000 /unit
4 Jasa ojek (opsional) 5.000 /org
Keterangan: Tarif di atas merupakan yang terbaru. Tarif dapat saja berubah sebagaimana ketentuan pihak pengelola | Khusus Jasa Ojek itu opsional buat Sobat yang tidak mau capek menuju lokasi, karena parkiran dan pantai terpisah sekitar 300 meter.

Fasilitas di Pantai Banyu Tibo Pacitan

Berikut fasilitas terbaru yang ada di kawasan wisata ini. Di mana informasi ini kami dapatkan dari tempat wisata terkait, wisatawan yang pernah berkunjung dan pemandu wisata lokal.

No. Fasilitas Ket.
1 Warung
2 Mushola
3 Pedagang oleh-oleh
4 Spot berfoto
5 Area parkir
6 Kamar kecil
7 Gazebo
8 Sewa pelampung
9 Jasa ojek
Keterangan: Di atas merupakan fasilitas terbaru secara umum. Fasilitas dapat saja berubah sebagaimana ketentuan pihak pengelola.

Penginapan di Sekitar Pantai Banyu Tibo Pacitan

Jika Sobat ingin eksplor wisata lainnya di sekitar kawasan wisata maka penginapan yang dapat kami rekomendasikan adalah Platar Ombo Homestay, berjarak sekitar 3.6km dari Pantai Banyu Tibo. Penginapan ini berlokasi di Jl. Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554•0822-3469-1258. Untuk tarifnya mulai dari, Rp150.000 / malam.

Platar Ombo Homestay
| Via: Booking.com

Akan tetapi jika Sobat ingin mencari penginapan sesuai budget, fasilitas dan akomodasi lainnya berikut daftar penginapan yang cukup efektif. Sobat dapat mencari via Google Maps karena sudah terintegrasi keberadaannya.

Daftar Penginapan di Sekitar
Pantai Banyu Tibo

Tips Berkunjung ke Pantai Banyu Tibo Pacitan

  • Jika Sobat datang menggunakan mobil maka harus hati-hati banyak tikungan dan tanjakan. Jalan sudah beraspal namun ada beberapa titik yang belum.
  • Datanglah di saat musim kemarau jika ingin menikmati suasana lengkap air terjun dan pantai, karena air pantai akan surut.
  • Biasakan setiap pergi berwisata untuk tidak membawa atau menggunakan perhiasan dalam bentuk apapun demi kenyamanan dan keamanan.
  • Jangan lupa bawa kamera, bawa drone bagi yang punya, siapkan juga power bank dan peralatan rekam lainnya, karena sayang kalau tidak di abadikan tempat seindah ini.
  • Jagalah kebersihan setiap berkunjung ke tempat wisata, karena menjaga kebersihan adalah ciri manusia cerdas, bermoral serta bertanggung jawab.
  • Izin sama orang tua atau keluarga sebelum berangkat menuju ke tempat wisata agar perjalanan menyenangkan, selain itu jangan lupa berdoa sebelum berangkat dan enjoy the moment.

PENUTUP

Dengan mengetahui tempat wisata di Indonesia maka kita sudah belajar memahami identitas bangsa kita sendiri. Indonesia adalah bangsa yang besar serta kaya akan potensi wisatanya, mulai dari wisata sejarah, alam, kuliner, religi, tradisi, budaya, bahari, pendidikan dan masih banyak lagi. Oleh karena itu sudah seyogyanya kita sebagai masyarakat Indonesia mengetahui wisata serta potensinya, baik di daerah sekitar maupun daerah lainnya di Indonesia. Selain dapat mempermudah wisatawan, informasi wisata juga dapat bermanfaat sebagai penambah wawasan guna melatih ketelitian, pengetahuan dan kecerdasan.

DAFTAR PUSTAKA

  1. Data Observasi langsung ke destinasi wisata terkait.
  2. Beberapa foto/ video dari kontributor: Booking.com, Nadia Nur Mufidah, Maya Dewi, Ruqi Ismail Faruqi, Shoim Asyhar, Neng Ina, Erma Dewi, Lin D.C. Taruklimbong, Indra Iswanto, Diana Jacob, Fuad Iskandar, Fajar Nur Hadi.
  3. Informasi dari petugas wisata terkait, Pemandu wisata dan wisatawan yang pernah berkunjung ke tempat wisata terkait: Rizky Nanda Noverianto, Devi Renjani, Tri Sutrisno.

6 Replies to Ketika Air Terjun Cantik Berlabuh di Pantai Banyu Tibo Pacitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up
error: