Fauna, Flora, Wisata

Wisata Safari di Tanjung Puting dengan Berlayar Mengarungi Sungai Sekonyer

Wisata – Salah satu Wisata safari di Indonesia yang populer hingga ke mancanegara adalah Taman Nasional Tanjung Puting. Berwisata ke Taman Nasional Tanjung Puting sahabat akan mengarungi Sungai Sekonyer selama 3 hingga 4 jam. Di perjalanan sahabat akan disuguhkan pemandangan alam lengkap dengan flora dan fauna, karena memang kawasan ini merupakan salah satu “Rain Forest” terbesar di dunia.

Selain itu di Simpang Kanan Camp Leakey, Sahabat dapat melihat perubahan warna air sungai dari warna kecoklatan hingga hitam. Warna hitam air dikarenakan pembusukan akar pohon yang berlangsung sejak jutaan tahun lalu, dan masih banyak lagi. Langsung saja kami ulas mengenai lokasi, rute, tiket, tips dll.

Skor untuk Wisata Taman Nasional Tanjung Puting

Dari 100% poin, setelah kami perhitungkan Wisata Taman Nasional Tanjung Puting mendapatkan skor: 97% dan sangat kami rekomendasikan.

Keterangan: Hasil skor kami analisis berdasarkan keindahan tempat wisata, hasil survey pemandu wisata di lapangan dan faktor-faktor lainnya.

Daya Tarik Taman Nasional Tanjung Puting

  • Di perjalanan sobat bisa melihat ragam flora dan fauna yang masih terjaga seperti Rangkong, Bekantan, Orangutan, Anggrek, Kantong Semar dan masih banyak lagi.
  • Lebih khusus lagi di sana sobat akan melihat Orangutan dan dapat memberikannya makanan yang telah disediakan, karena di Camp Leakey merupakan salah satu tempat konservasinya
  • Di beberapa titik sobat dapat melihat perubahan warna air Sungai Sekonyer dari warna kecoklatan hingga hitam, sangat unik bukan.
  • Pengalaman yang mengagumkan dimana sobat akan menyusuri sungai Sekonyer seperti berada di film anaconda
  • Pengalaman berharga ketika makan dan menginap di atas kapal seharian penuh

Lokasi Lengkap Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting berada di Semenanjung Barat Daya, Kumai, Kotawaringin Barat, Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Indonesia

Rute Menuju Taman Nasional Tanjung Puting

Tidak sulit jika ingin mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting, karena lokasinya yang cukup familiar

  • Jika sahabat berpergian dari Jakarta, maka sobat hanya perlu landing di Bandar Udara Isakandar Pangkalanbun tepatnya di Kabupaten Kotawaringin Barat.
  • Selanjutnya dari Pangkalanbun sobat bisa naik taksi atau kendaraan sejenisnya menuju Pelabuhan Kumai, salah satu kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Barat
  • Setelah berada di Pelabuhan Kumai – Panglima utar (Pelabuhan Klotok Wisata TNTP) disana biasanya ada jasa trip / tour guid yang menawarkan jasa antar menuju Tanjung Puting dengan tarip bervariasi sesuai budged (Di bagian harga kami ulas secara detail harga tersebut).

Peta Lokasi Menuju Taman Nasional Tanjung Puting:

Tambahan:

Jika sobat berasal dari Kalimantan Tengah maka cukup mudah menemukan lokasi ini, bisa langsung ke Pelabuhan Kumai.

Estimasi Waktu Perjalanan Menuju Taman Nasional Tanjung Puting

Perjalanan dari Kumai menuju Taman Nasional Tanjung Puting sekitar 1 jam 30 menit, berangkat jam 8 pagi hingga sampai.

Tiket Masuk Menuju Taman Nasional Tanjung Puting

Menuju Taman Nasional Tanjung Puting sobat memerlukan biaya ekstra, karena jarak tempuh yang lumayan panjang dan harus melewati jalur sungai. Berikut estimasinya:

OPSI 1:

  • Kami mulai dari Pelabuhan Kumai – Panglima utar (Pelabuhan Klotok Wisata TNTP) sobat harus menyewa kapal / Klotok untuk menyusuri Sungai Sekonyer dengan harga bervariasi (tergantung besar kapal dan fasilitasnya).
  • Untuk 5 Orang $154,27 atau kalau sekitar Rp2.187.000 untuk tiga hari (biasanya dilengkapi fasilitas: tour guide,makan gratis, kamar menginap dll).

Keterangan: Harga di atas kembali lagi kepada kesepakatan masing-masing, biasanya bisa tawar menawar saat di pelabuhan. So jangan malu nawar siapa tau ada diskon.

OPSI 2:

Pada pilihan kedua ini sobat bisa menggunakan jasa trip terpecaya menuju Taman Nasional Tanjung Puting, opsi ini diperuntukkan buat sobat yang tidak mau ribet ketika ingin menuju tempat ini. Salah satunya jasa trip yang kami rekomendasikan adalah:

Abu Buornean, E-mail aja ke: abubornean78@gmail.com untuk mendapatkan informasi lengkapnya. Mengenai tarifnya bervariasi tergantung kesepakatan. Atau bisa juga melalui CV.Omie Tour Organizer, E-mail ke: kamale83@gmail.com

Fasilitas di Taman Nasional Tanjung Puting

Fasilitas ini mencakup apa saja yang terdapat serta yang dapat di lihat di kawasan Taman Nasional Tanjung Puting

  • Jika menggunakan kapal, biasanya ada tempat duduk, tempat tidur, tempat makan dan dapur, jasa guide / pemandu dll.
  • Terdapat homestay

Informasi Penginapan di Taman Nasional Tanjung Puting

Biasanya saat sewa kapal, dijelaskan berapa hari, penginapan, harga dll. Jadi tidak sulit menemukan penginapan di Kawasan Taman Nasional Tanjung Puting. Namun untuk memperjelas saja, berikut kami lampirkan beberapa penginapan yang populer di kawasan Taman Nasional Tanjung Puting.

Di atas merupakan beberapa penginapan
yang paling populer

Tips Berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Puting

Beberapa tips ini mungkin akan berguna bagi sahabat yang ingin mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting

  • Biar lebih murah usahakan berkelompok atau minimal 4 orang, biar bisa patungan sewa kapal dll kecuali kalau mau honymoon.
  • Bawa pakaian secukupnya terutama jaket hangat
  • Berkunjung ke sini sebaiknya dalam keadaan sehat, kalau lagi kurang sehat di tunda dulu
  • Berkunjung saat musim kemarau, karena air sungai akan semakin bening dan satwa di sepanjang jalanpun dapat dilihat dengan jelas
  • Bawa kamera, power bank, dan alat cekrek lainnya, karena sangat sayang jika ke tempat indah ini pulangnya dengan tangan kosong.
  • Utamakan keselamatan / true leader guide sangatlah penting.

Informasi dan Narasumber

  1. Beberapa isi Galery dari: Sendy Aditya Saputra, Chodijah Febriyani, Evitasoerjadi, Yomie Kamale dan Pesona Indonesia
  2. Pemandu wisata yang pernah ke tempat wisata ini: Sarwono Hadi Suwito dan Abu Buornean

Lihat juga: Pesona Air Terjun Segenter Bak Serpihan Surga yang Tertinggal

Scroll Up
error: